Laman

Rabu, 09 Mei 2012

KLR 1 – SAHABAT (TALI DAN SIMPUL)

Untuk kelas sahabat, kita akan mulai dari 8 simpul dasar yaitu : Overhand, Granny, Square, Slip, Double Bow, Two Half Hitches, Clove Hitch, Bowline. (saya menyebutkannya dalam bahasa Inggris dan kurang tahu nama simpul-simpul ini dalam bahasa Indonesia… smile!! )

Sebelumnya kita perlu tahu juga bagaimana cara merawat tali.

Tali adalah perlengkapan penting dalam klub kepanduan karena memiliki banyak sekali fungsinya. Itulah sebabnya sangat penting mengetahui bagaimana caranya merawat tali. Sangat penting berhati-hati terhadap tali sebelum digunakan, saat digunakan dan sesudah digunakan. Tali yang baik sekalipun suatu saat akan aus atau rusak, bahkan yang disimpan di toko sekalipun yang tidak pernah di pakai bisa saja rusak oleh karena pembusukan alami karena kontak dengan udara, sentuhan tangan, mungkin karena kotoran minyak dsb. Kerusakan tali dapat ditentukan oleh frekuensi penggunaan dan ragam penggunaan. Tetapi dengan perawatan yang baik dapat memperpanjang usia penggunaan tali. Tetapi ingat, jika tali telah rusak maka harus dihancurkan untuk mencegah kecelakaan.


Untuk jenis tali yang biasanya dijual di toko, tali akan rusak dalam 3 bulan – 1 tahun jika digunakan setiap hari, 2 – 3 tahun jika digunakan mingguan dan 4 -5 tahun jika digunakan hanya sesekali saja.

Perawatan sebelum digunakan
Biasanya produsen akan menyarankan untuk merendam tali dan biarkan kering di tempat yang teduh, dengan demikian tali akan menyusut kurang lebih 5% dan mengurangi resiko selip. Jangan pernah tandai tali dengan pena atau spidol karena bahan kimia tinta dapat melemahkan kekuatan tali pada waktunya nanti. Hindari membawa Anda di luar ransel, dan terutama tanpa perlindungan yang baik pada rak atap kendaraan yang mungkin mengandung karat.

Perawatan selama penggunaan
Hindari untuk menginjak tali. Butiran pasir dan kerikil dapat memotong dan merusak serat-serat tali. Sebuah fragmen batuan atau mineral yang masuk ke bagian dalam tali juga dapat menyebabkan kerusakan internal. Jika tali diletakkan di lantai maka perlu ada lapisan untuk melindungi tali.

Jika tali berhubungan dengan sesuatu yang tajam atau keras (misalnya ujung batu, dsb) sebaiknya tali dilindungi dengan lapiran luar misalnya potongan selang, dsb. Menggunakan tali secara proporsional sesuai dengan ragam penggunaannya juga penting untuk menjaga agar tali tetap awet.

Perawatan setelah penggunaan
Setelah digunakan, anda dapat membersihkan tali dengan kain lembab. Jika benar-benar diperlukan, tali dapat di bersihkan dengan air dingin, sebaiknya tanpa klorin. Jika ternyata kotoran pada tali terlalu jenuh (tanah liat terlalu banyak, pasir atau magnesium), biarkan tali direndam selama 2 jam dalam air yang dipanaskan sampai maksimum 30 derajat selsius. Lalu dengan lembut menggosok tali jika perlu sabun gunakan sabun lembut. Selalu ingat untuk mengeringkannya jangan langsung dibawah matahari atau sumber panas. Waktu pengeringan bisa memakan 2-4 hari. Ingat bahwa sinar ultraviolet sangat berbahaya bagi serat sintetis, akan mengurangi kekuatan dan elastisitas dari tali dalam jangka panjang. Jangan menyimpan tali di tempat yang basah, kotor.

Selanjutnya, mari kita lihat beberapa simpul dasar untuk kelas Sahabat ini.

1.      Overhand 

Dapat dilihat DI SINI 

2.      Granny 

Dapat dilihat DI SINI

3.      Square 

Dapat dilihat DI SINI 

4.      Slip

Dapat dilihat DI SINI

5.      Double Bow

Dapat dilihat DI SINI

6.      Two Half Hitches

Dapat dilihat DI SINI

7.      Clove Hitch

Dapat dilihat DI SINI

8.      Bowline

Dapat dilihat DI SINI


Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar