Laman

Minggu, 20 Mei 2012

BAGAIMANA MEMULAI KLUB?

Salah satu hal yang kami lihat berdasarkan pengalaman terlibat dalam klub Pathfinder ini adalah biasanya disetiap awal tahun banyak klub yang memulai klub tanpa perencanaan yang baik. Mungkin karena kurangnya pengalaman atau pengetahuan tentang klub. Hasilnya adalah klub hanya mampu berjalan 2 atau 3 bulan setelah itu tidak berjalan dengan baik lagi.  

Untuk memulaikan sebuah klub butuh perencanaan yang baik. Apa yang dimulai tepat, cenderung akan berakhir tepat pula. Memulai Klub Pathfinder adalah tugas yang menantang. Memiliki awal yang baik tentu bukanlah satu-satunya persyaratan agar klub itu sukses, tetapi merupakan elemen kunci untuk sukses. .

Mengapa Membentuk Klub ?

Berikut adalah beberapa alasan yang baik mengapa perlu segera memulai Klub Pathfinder.

Secara historis, Klub Pathfinder telah berhasil. Klub Pathfinder telah membantu mendapatkan ribuan pemuda dan remaja untuk Tuhan, dan menolong mereka berkomitmen untuk gerejanya. Di dalam Klub Pathfinder tidak ada perbedaan ras, bahasa, budaya atau negara. Klub ini juga efektif dalam gereja-gereja besar dan kecil, perkotaan atau pedesaan, dengan pria dan wanita.

Pathfinder tidak hanya membantu untuk memperkuat hubungan kaum muda dengan Yesus dan Gereja-Nya, tetapi juga mempersiapkan generasi muda untuk menggunakan waktu mereka, uang dan usaha untuk melayani Gereja-Nya.

Di sebagian besar Klub para anggotanya adalah remaja dari agama lain, dan ini adalah kesempatan untuk menyatakan kebenaran kasih Yesus. 

Dalam Klub Pathfinders remaja akan mendapatkan pengalaman hiburan yang unik. Remaja perlu memiliki ruang hiburan. Gereja dapat menawarkan dalam berbagai cara: dalam kegiatan pada hari Sabtu, di pertemuan sosial, perkemahan, ​​dll.

Fakta bahwa melalui Pathfinder telah memberi remaja  kesempatan besar untuk menjadi seorang teman dan mencari teman, terutama bagi mereka yang karena alasan tertentu tidak ada suasana persekutuan di rumah. Remaja merasa lebih menyenangkan ketika mereka bisa bersama-sama dengan teman-teman mereka.

Di dalam Klub, remaja dapat memiliki petualangan dan kegiatan yang mereka tidak akan dapat di tempat lain. Ada perkemahan, hiking, berpartisipasi dalam kegiatan outdoor dan belajar lebih dari dua ratus tanda kepahaman yang sangat bermanfaat. Program Pathfinders menawarkan banyak kesempatan untuk remaja mana pun, tidak peduli lingkungan aslinya.

Langkah Mengorganisir Sebuah Klub Pathfinder

Pemuda/i yang mau terlibat dalam pelayanan Pathfinder ini juga harus mengetahui langkah-langkah mengatur Klub Pathfinder, yaitu :


1. Berunding dengan Pemimpin Pemuda Daerah/Konfrens
Siapapun di suatu gereja setempat yang melihat kebutuhan untuk dibentuknya sebuah klub Pathfinder berunding dahulu dengan Direktur Pemuda Daerah/Konfrens sebelum membuat rencana selanjutnya.
2. Rapat dengan Pendeta dan Pimpinan Daerah/Konferens
Permintaan rapat harus datang dari gereja setempat kepada Direktur Pemuda Daerah/Konfrens untuk memberikan keterangan, atau bila Direktur Pemuda Daerah/Konfrens berhalangan maka ia dapat mendelegasikannya kepada Koordinator Wilayah Pathfinder setempat.
3. Mengajukan Rencana kepada Majelis Sidang
Direktur Pemuda Daerah/Konfrens seharusnya meminta untuk bertemu dengan Majelis gereja, karena Majelis gereja harus tahu tentang tujuan dari klub Pathfinder ini.
4. Memberitahukan kepada Jemaat pada waktu jam Kebaktian
Adalah sangat penting bahwa semua anggota jemaat diberitahu tentang Klub Pathfinder, tujuannya dan program-programnya. Sebaiknya gunakan orang yang ahli atau berpengalaman untuk berbicara untuk mengadakan promosi ini atau undang Direktur Pemuda tingkat Uni, Daerah/Konfrens atau Pendeta sidang setempat.
5. Panggilan Khusus untuk Rapat pada Hari Sabat Siang
Rapat khusus ini harus mengikutsertakan siapapun yang aktif dalam organisasi Klub Pathfinder serta semua anggota yang memiliki potensi untuk tercapainya rencana tersebut.
6. Ajarkan Dasar dari Remaja
Salah satu syarat yang dapat mensukseskan kerja secara operasional dari Klub Pathfinder bergantung pada sejumlah orang pemimpin yang telah dilatih Direktur Pemuda Daerah/Konfrens yang harus memimpin pelatihan ini dan membawa sebanyak mungkin pelatih.
7. Pengangkatan Direktur dan Wakil Direktur
Majelis Gereja atau Komite dapat memilih orang yang paling memenuhi syarat untuk memimpin Klub Pathfinder dan merekomendasikannya kepada gereja Direktur dan Wakil Direktur, setelah acara pelatihan berakhir.
8. Memilih para Pembina dan para Instruktur (Executive Committe)
Eksekutif Komite di Klub Pathfinder terdiri dari Pendeta, Pemimpin PA Senior, guru-guru di Sekolah Sabat di tingkat yang lebih tinggi, Direktur Klub dan Wakil Direktur Klub. Klub ini akan membentuk aturan-aturan penting untuk operasional dari Klub dan memilih staf, para pembina dan para instruktur.
9. Memanggil Eksekutif Komite Klub Pathfinder untuk merencanakan Program Tahunan
Program tahunan bisa berupa rencana kerja, tugas-tugas kelas, waktu rapat, hari-hari istimewa, kegiatan konfrens, program bulanan, kegiatan remaja dan perkemahan harus diikutsertakan.
10. Bentuk Program 6 Minggu sebelum malam Pendaftaran
Pembentukan program terdiri dari rencana jangka panjang. Artinya ialah bahwa tujuan dari klub untuk periode yang lebih dari enam bulan dan satu tahun harus dibawakan dalam satu fokus. Kegiatan-kegiatan klub harus sesuai dengan seluruh tujuan ini.
11. Mengirim surat kepada keluarga-keluarga yang mempunyai anak remaja empat minggu sebelum malam Pendaftaran
12. Mengumumkan Program Klub
Empat minggu sebelum malam pendaftaran–Buletin Gereja
Tiga minggu sebelum malam pendaftaran–Papan Pengumuman
Dua Minggu sebelum malam pendaftaran–Program di Sekolah Sabat Remaja
Dua Minggu sebelum malam pendaftaran–Periode Missionaris Gereja
Dua Minggu sebelum malam pendaftaran–Surat dari Direktur Klub kepada para orang tua
Satu Minggu sebelum malam pendaftaran–Surat Pendeta kepada para Orang tua
Satu Minggu sebelum malam pendaftaran–Jadwal kebaktian, penekanan Program
Nol Minggu sebelum malam pendaftaran–Pendaftaran
13. Melatih dan Menyeragamkan Staf sebelum malam Pendaftaran
Direktur, Wakil Direktur, para pembina dan instruktur menyeragamkan para staf
14. Malam Pendaftaran
15. Program Kunjungan ke rumah-Para Pembina harus mengunjungi setiap Pathfinder di regunya secepatnya
Adalah sangat penting bagi Pembina Klub Pathfinder untuk pergi ke rumah dari masing-masing anggota baru dan memperkenalkan dirinya sebagai pembina klub
16. Program Pelantikan setelah 3 minggu pendaftaran
Ini adalah upacara yang istimewa dan anggota klub harus mengerti arti pentingnya
17. Malam Tamu
Malam tamu adalah aktifitas biasa kira-kira dua atau tiga minggu sebelum hari pendaftaran. Masing-masing anak dapat mengundang salah satu dari temannya untuk datang pada rapat malam tamu di klub.
18. Masyarakat dan ketertarikan Gereja
Melalui kegiatan klub Pathfinder ini akan kita lihat reaksi dari gereja bahkan mungkin dari masyarakat yang dulunya tidak tertarik
19.
Evaluasi
Diadakan Evaluasi setelah klub beroperasi selama 10 atau 12 minggu

Sumber : http://www.facebook.com/note.php?note_id=308217626606+%3Fiframe%3Dtrue&width=100%25&height=100%25

Tidak ada komentar:

Posting Komentar