Laman

Selasa, 24 April 2012

PENYAKIT-PENYAKIT DI PERKEMAHAN

  

Salah satu masalah yang paling memprihatinkan ketika orang tua meninggalkan anak-anaknya dalam penjagaan Pembina Pathfinder saat perkemahan adalah : SAKIT. Sakit di perkemahan bisa apa saja mulai dari sakit kepala biasa sampai infeksi usus yang parah.

Mari kita lihat yang paling umum, bagaimana mencegahnya dan apa yang bisa kita lakukan untuk meringankan gejala sampai kita bisa mencapai fasilitas rumah sakit terdekat.

Sakit kepala : masalah sakit kepala adalah masalah yang sering muncul diperkemahan. Hal ini dapat disebabkan oleh lebih dari 100 faktor yang berbeda. Tapi apa yang bisa membuat para Pathfinder mengalami sakit kepala di perkemahan? Bagi mereka yang tidak memiliki masalah kesehatan, maka dehidrasi adalah penyebab sakit kepala yang paling umum, terutama kalau lama di bawah sinar matahari dan hanya sedikit minum. Selain itu, terlambat makan atau factor inflamasi juga awal yang dapat memicu sakit kepala ini.

Jika setelah di beri minum yang banyak dan makan tetapi sakit terus berlanjut maka pembina harus segera mengambil langkah untuk mencari fasilitas kesehatan terdekat.

Dehidrasi : seperti yang biasa terjadi bahwa dehidrasi biasanya disebabkan oleh sengatan panas matahari dan minum sedikit air. Pada hari-hari biasa, konsumsi air rata-rata 6-8 gelas, namun jika itu diperkemahan dengan aktifitas yang lebih maka jumlah air harus di tambah.

Gejala utama adalah sakit kepala, lemah, pusing atau bahkan pingsan. Solusinya sederhana, yaitu berikan banyak air dan jus untuknya, dan biarkan dia beristirahat di tempat yang teduh. Dalam beberapa menit dia akan lebih baik.

Tersengat matahari : ini seharusnya tidak terjadi pada anak-anak Pathfinder karena bisa dicegah. Untuk mencegahnya gunakan tabir surya, topi jika melakukan kegiatan langsung di bawah matahari dari jam 10.00 pagi sampai jam 04.00 sore.

Tetapi jika itu terjadi, Anda perlu untuk membasahi area yang terbakar dengan air selama kurang lebih 10 menit.

Hipoglikemia : glukosa adalah bahan bakar untuk otak kita. Tanpa itu, orang akan mudah pingsan. Hipoglikemia terjadi ketika Pathfinder dalam waktu lama tidak makan apa-apa atau sesuatu yang mengandung glukosa / manis. Gejalanya adalah terasa pusing, kabur, lemah. Jika gejala itu muncul, saatnya berikan kepadanya jus atau air gula sedikit.

Kram : ini adalah kontraksi otot yang menyakitkan dan terjadi dengan tiba-tiba. Ini sangat sering terjadi selama kegiatan fisik sedang atau intens, terutama jika kegiatan di dalam air. Untuk meringankan rasa sakit, bantu Pathfinder untuk melakukan sedikit peregangan otot dan jika belum membaik, coba kompres dengan air hangat.

Bengkak akibat gigitan serangga :
Tak hanya membuat kulit gatal, gigitan serangga juga bisa menyebabkan bengkak atau bentol. Jika terlanjur di gigit serangga seperti nyamuk, lebah atau semut merah di perkemahan bisa gunakan irisan pepaya. Pepaya mengandung enzim yang dapat menetralkan racun serangga. Irisan pepaya ditempelkan pada kulit yang tersengat serangga selama kurang lebih satu jam. Juga dapat menggunakan bawang putih satu siung yang di potong atau di tumbuk, lalu oles di tempat yang disengat. Bawang putih mengandung enzim yang mampu memecah inflamasi senyawa.

Setiap pembina atau pemimpin Pathfinder harus siap untuk tahu kapan melakukan prosedur pertolongan pertama.

Catatan :
Teman-teman yang punya pengalaman penyakit diperkemahan dan cara penanganannya dapat di bagikan pada kolom komentar di bawah postingan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar