Laman

Rabu, 18 April 2012

Bagaimana mengevaluasi kelas

Ujian 



 Bagi seorang pelajar, tidak ada yang lebih membuat dia menjadi stress daripada waktu ujian. Lain halnya dengan pengajar, ia mempunyai beban tersendiri juga dalam mentransfer ilmu kepada mereka yang dia ajar, dan hasil ujian bisa jadi ukuran kemampuan dia mengajar. Demikian pula dalam klub Pathfinder. Tetapi apakah kita sebagai pembina perlu membuat para pathfinder tertekan dengan ujian-ujian kita?

Berikut ada beberapa tips tentang cara untuk membuat penilaian akhir lebih menarik bagi pathfinder pada kelas reguler.

1.      Pertama, harus jelas dalam pikiran kita bahwa penilaian itu sangat diperlukan dalam klub! Karena jika tidak ada penilaian kita tidak tahu apakah mereka bertumbuh atau tidak. Ada beberapa pembina yang menganggap tidak penting memberi ujian atau penilaian. Jadi tidak ada usaha dari pembina dan tidak ada usaha juga dari pathfinder. 

2.      Dalam dunia modern, canggih dengan perkembangan teknologi, budaya copy paste membuat segala sesuatu jadi mudah. Tinggal cari di google, semuanya ada. Tinggal blok, CTRL C, CTRL V dan selesai. Disinilah letak peran pembina untuk memberikan penilaian.
Bisa saja pathfinder mendapatkan banyak bahan tanpa mengetahui apa itu. Kita perlu mengajar para pathfinder untuk berusaha “mencari” bukan sekedar “copy paste”. Oleh sebab itu sebagai pembina kita perlu berhati-hati dengan apa yang pathfinder tulis atau kerjakan, karena mereka bisa saja menipu pembina. Dan jika mereka menipu pembina maka disitulah letak kegagalan mereka.
3.      Hal lain yang juga penting adalah untuk memahami bahwa semua pathfinder baik pria maupun wanita memiliki tingkat intelektual yang berbeda. Kita perlu tahu seberapa banyak kita mengisi seseorang, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit sehingga membuat dia patah semangat dan meninggalkan kelas. Hal ini, hanya para pembina yang menggunakan banyak waktu di kelas bersama-sama pathfinder yang dapat mengerti dan melakukannya.
4.      Menyelesaikan tuntutan-tuntutan dengan sederetan persyaratan memang tampak membosankan pada awalnya, tetapi percayalah itu akan menjadi lebih mudah dalam mengevaluasi.
5.      Sebagai pembina kita perlu mendampingi para pathfinder. Setiap laporan dan hasil pekerjaan harus dibuat atas dasar instruksi yang diberikan dari pembina. Itulah sebabnya orang terbaik yang harus memberikan penilaian bagi pathfinder adalah yang selalu mendampingi mereka.

Cara yang paling praktis untuk mencegah pathfinder dalam stress terhadap ujian adalah dengan mempersiapkan mereka dengan baik sepanjang tahun, melakukan pekerjaan yang berkualitas dan memastikan bahwa persyaratan telah dipenuhi dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar