Laman

Kamis, 26 April 2012

10 KUALITAS UNTUK MENJADI TEMAN YANG BAIK – UNTUK KELAS SAHABAT

Di kartu tuntutan kelas sahabat pada bagian Kembangkan Persahabatan nomor 1 ada tuntutan untuk daftarkan 10 kualitas untuk menjadi teman yang baik, dan diskusikan situasi sehari-hari dimana Anda dapat mempraktekkan “hukum emas” Matius 7:12.

Kita bisa memulaikannya dengan menceritakan kisah persahabatan di dalam Alkitab seperti Yonatan dan Daud, Yesus, Maria, Marta dan Lazarus, dll. Agar lebih menarik bisa dilakukan dengan visual atau pemutaran film. Kemudian, minta Pathfinder untuk menuliskan daftar kualitas dari seorang teman yang baik. Pilih beberapa yang muncul paling banyak dari daftar itu dan coba diskusikan bersama. Setelah itu, mintalah pathfinder untuk mencari cerita dalam Alkitab mereka atau ayat lain yang berbicara tentang persahabatan. Silahkan menggunakan konkordans atau menu cari di alkitab mobile. Bantu mereka untuk menemukan ayat-ayat itu, tetapi hanya memberikan arahan dan biarkan mereka mencari. Minta mereka untuk menulis 2 atau 3 ayat yang ditemukan dan kemudian coba diskusikan konteks masing-masing dan apa pelajaran yang bisa mereka ambil.


Sekarang, minta mereka pergi kepada teman lain, lalu minta teman-teman itu menulis satu saja kualitas menurut mereka sebagai teman yang baik. Buatlah 10 daftar. Selanjutnya selama sepekan ke depan amatilah minimal 4 situasi dimana Pathfinder dapat menunjukkan karakter sebagai teman yang baik, kemudian akan dilaporkan pada pertemuan berikutnya. Agar lebih jelas, silahkan download lembar aktivitasnya DI SINI . Lembar aktivitas ini diberikan kepada Pathfinder untuk di isi. 

Klik DI SINI juga untuk beberapa tulisan Ellen White tentang kualitas persahabatan. 

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar