Laman

Rabu, 25 April 2012

BERKEMAH, KAPAN?



Memilih tanggal kapan berkemah merupakan hal yang penting. Tentu saja perlu mencari waktu liburan, tapi ini seharusnya tidak menjadi satu-satunya criteria. Mari kita lihat beberapa poin penting.

Durasi Perkemahan : Apa tujuan perkemahan? Pendidikan, rekreasi, pelatihan, dll? Untuk masing-masing jenis perkemahan durasinya berbeda. Untuk perkemahan pelatihan minimal harus 4 hari. Jika tujuan utama perkemahan hanya untuk rekreasi, 3 hari sudah cukup (tetapi sekalipun rekreasi harus hati-hati untuk mematuhi semua persyaratan perkemahan).

Perkemahan sangat singkat : Perkemahan akhir pekan (jumat sore, sabat dan minggu pagi) jarang menjadi pilihan yang baik. Karena waktu ini sangat singkat untuk melakukan kegiatan, dan jika tempat berkemahnya jauh maka anda akan kehilangan waktu banyak untuk perjalanan. Dengan demikian rasio antara biaya dan manfaat biasanya tidak akan seimbang.

Perkemahan terlalu lama : Jika klub anda kurang suka berkemah, jangan pernah membuat perkemahan lebih dari 3 hari. Tapi ada beberapa klub yang melebih-lebihkan waktu perkemahan hingga 5 hari. Bukan berarti dilarang, tetapi nanti hanya sedikit waktu untuk kegiatan yang menarik. Faktor lain adalah masalah keuangan, persiapan yang akan membengkak.

Musim tahunan : di Indonesia ada 2 musim yaitu musim hujan dan musim panas. Musim hujan biasanya dari bulan Oktober – April dan selanjutnya adalah musim panas (lihat keterangan lebih lanjut DI SINI). Dengan demikian dalam merencanakan perkemahan akan lebih mudah. Untuk mengingatkan saja bahwa melakukan perkemahan di musim hujan tidak boleh lebih dari 4 hari.

Ingat bahwa semua anak memiliki daya tahan yang berbeda dan terbatas. Jelas bahwa perkemahan tidak akan menyediakan fasilitas yang lengkap seperti di rumah,  tetapi jika perkemahan tidak nyaman dan sehat untuk anak karena cuaca dapat membuat Pathfinder kehilangan selera untuk kontak dengan alam.

Kalender sekolah : ini sangat penting. Untuk keterangan yang diatas tingkat fleksibilatasnya dapat diatur, tetapi untuk poin ini sangat penting. Kalau kita membuat perkemahan di waktu sekolah itu akan mengganggu belajar anak-anak dan citra klub dimata orang tua akan kurang baik. Jadi bijaksana jika membuat perkemahaan di waktu liburan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar