Laman

Selasa, 10 Mei 2016

Tips Untuk Mengembangkan Kreatifitas Anda




Untuk menjalankan Klub Pathfinder diperlukan orang-orang kreatif dan dapat berpikir dan bertindak out of the box. Klub membutuhkan para pemimpin yang tidak pernah kehabisan ide ketika semua terlihat buntu. Untuk membantu kita, berikut ada beberapa tips :
  1. Selalu miliki buku catatan di dekat anda. Ide-ide akan muncul setiap hari. Ketika ide-ide muncul di pikiran kita dan kita tidak menulisnya, kemungkinan melupakannya sangat besar. Jangan bergantung kepada memori anda!
  2. Setelah ide-ide anda di catat, pastikan anda memiliki tempat penyimpanan yang baik. Jadi kalau ide-ide itu tidak digunakan saat itu dicatat, mungkin akan berguna di lain waktu. 
  3. Jadilah pengamat yang baik untuk hal yang terjadi di sekitar anda. Ketika anda belajar mengamati, kita akan fokus pada hal-hal kecil, dan dari hal-hal kecil itulah akan muncul ide-ide besar.
  4. Belajarlah untuk mengajukan pertanyaan untuk mencari tahu bagaimana sesuatu bekerja. 
  5. Gunakan indra anda. Mencoba membebaskan indra anda untuk bagaimana merasakan apa yang terjadi. 
  6. Temukanlah sumber-sumber ide baru. Cobalah menginspirasi orang lain dengan berbagai cara. (foto, film, musik, dsb). 
  7. Membangun ide-ide besar. Kumpulkanlah semua ide kecil anda yang berhubungan dengan satu subyek dan bentuklah proyek besar anda. 
  8. Hindari hal-hal yang melemahkan otak. Hal-hal yang melemahkan otak kita akan menghambat dalam persekutuan kita dengan Kristus dan juga ini akan menurunkan tingkat kreativitas kita. 
  9. Belajarlah untuk mendengarkan. Kadang-kadang ide muncul dalam komentar-komentar yang dibuat oleh teman anda. 
  10. Buatlah ide-ide anda menjadi sebuah tindakan. Dunia sangat membutuhkan orang-orang visioner. Orang-orang visioner adalah mereka yang mengumpulkan ide-ide, dan mewujudkannya dalam tindakan. 
  11. Gunakan waktu anda dengan bijaksana. Banyak kali waktu kita habis di depan TV atau bermain internet, dsb. Boleh, tetapi kita harus membagi waktu. Buatlah sesuatu yang dapat membantu mengembangkan kreativitas anda atau membuat anda berkembang. 
  12. Cobalah bermain dengan anak-anak atau ada dilingkungan mereka. 
  13. Belajarlah sesuatu yang baru. Ketika kita belajar sesuatu yang baru, kita akan menjadi lebih kreatif. Belajar musik, melukis, sirkus, dsb. 
  14. Carilah fungsi lain dari benda-benda umum. Ini adalah belajar untuk melihat sesuatu dari sudut pandang baru. 
  15. Membuat cerita dengan 3 kata. Contoh, ambil 3 kata yang tidak memiliki hubungan sama sekali dan coba ciptakan satu cerita berdasarkan 3 kata itu. Misalnya, telepon, anjing dan kalender. Sekarang coba ciptakan sebuah cerita. 
  16. Menulis sebanyak 10 kali untuk pertanyaan yang sama tetapi dengan cara yang berbeda. Contoh : bagaimana mengajar tuntutan? Bagaimana bertanya untuk hal yang sama tetapi dengan cara yang berbeda. 
  17. Bermitralah dengan orang lain. Sangatlah sulit untuk melakukan hal-hal sendiri, jadi berbagilah ide anda dengan teman anda, mereka akan melihat sesuatu dari sudut pandang baru dan itu akan mempermudah. 
  18. Nikmati waktu kesendirian, bicara dengan diri anda sendiri dan dengan Tuhan. 
  19. Jangan menyerah. Percaya bahwa kita bisa. Motivasi diri. 
  20. Buatlah aktifitas fisik. Saat kita berolahraga atau aktifitas fisik itu akan meningkatkan endorfin. Endorfin akan meningkatkan memori, suasana hati, meningkatkan konsentrasi, yang semua orang kreatif perlukan.

semoga membantu,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar