Laman

Kamis, 12 Mei 2016

Diary Penciptaan, untuk Kelas Teman






Salah satu persyaratan di kelas Teman pada bagian Pelajaran Alam, nomor 3 adalah “Mempelajari kisah Alkitab tentang penciptaan serta melakukan pengamatan alam selama 7 hari terhadap elemen sesuai hari penciptaan.”

Mempelajari Alam memang merupakan satu hal yang sangat menyenangkan. Dengan mempelajari Alam kita dapat melihat kemahakuasaan Allah yang tergambar di alam. Tujuan dari persyaratan ini adalah untuk menamkan kepada anggota Pathfinder bahwa Allah adalah pencipta segala sesuatu dan dengan memahami kisah penciptaan di kitab Kejadian maka kita akan memahami rencana keselamatan. Anggota Pathfinder juga harus memahami hubungan antara penciptaan dan hari sabat dalam hubungannya dengan rencana keselamatan.

Kisah tentang penciptaan adalah salah satu kisah menakjubkan di dalam Alkitab. Bantulah anggota Pathfinder untuk mengerti urutan logis dari penciptaan dan bagaimana Allah menciptakan dunia ini. Ajaklah Pathfinder untuk merasakan bagaimana kreatifnya Allah dalam karya ciptaanNya.

Ada satu video bagus di Youtube yang bisa di download untuk tunjukkan kepada Pathfinder tentang bagaimana peciptaan dilakukan. Bisa dilihat DI SINI.

Kemudian selama 1 minggu ke depan, mintalah anggota Kelas Teman untuk untuk membuat diary penciptaan untuk apa yang mereka amati disekeliling mereka sesuai urutan penciptaan, dan kumpulkan pada minggu berikutnya.

Hari Minggu :
1.       Buatlah catatan tentang semua sumber cahaya yang dapat kamu temukan. Berapa banyak dari sumber cahaya itu yang alami, yang terjadi tanpa bantuan manusia?
2.       Jika memungkinkan, lakukanlah perjalanan ke sebuah gua atau suatu tempat yang tertutup dan sangat gelap. Matikan semua sumber cahaya sehingga kamu dapat merasakan kegelapan total dimana tidak ada cahaya.

Hari Senin :
1.       Catatlah suhu hari itu, dan jika memungkinkan juga buat catatan tentang arah angin dan kecepatan angin dan curah hujan. Silahkan gunakan semua media yang tersedia.
2.       Buatlah catatan tentang berbagai bentuk polusi yang diamati di dalam air dan / atau udara pada hari itu.

Hari Selasa :
1.       Kumpulkanlah daun dari beberapa jenis pohon, lalu identifikasi setiap daun tersebut, lalu tempelkan daun tersebut di buku catatan kamu, atau foto daun tersebut lalu print, atau gambar daun tersebut di buku catatan kamu.
2.       Hal yang sama seperti poin 1 dilakukan untuk jenis bunga yang kamu temukan pada hari itu.
3.       Jika memungkinkan, kunjungilah tempat pembibitan bungan atau pohon lalu catat berbagai varietas tanaman. Tanyakanlah kepada tukang kebun tentang apa yang harus dilakukan agar tanaman tumbuh sehat.


Hari Rabu :
1.       Catat jam berapa matahari terbit hari itu di tempat kamu, dan jam berapa matahari tepat di atas kepala kamu, dan jam berapa matahari terbenam?
2.       Bagaimana kondisi cahaya matahari pada hari itu?
3.       Perhatikanlah status bulan pada hari itu. Apakah purnama, setengah, atau sabit, dsb.

Hari Kamis :
1.       Buatlah daftar mengenai semua jenis burung mungkin terlihat pada hari itu dan berapa banyak yang kamu bisa kenali.
2.       Identifikasilah jenis-jenis burung tersebut, bisa melalui bentuk, suara, dsb. Perhatikanlah apa yang burung-burung itu lakukan.
3.       Juga, pada hari itu cobalah kamu amati ikan, misalnya ikan yang ada di dalam akuarium, di kali / sungai atau bahkan toko penjual ikan. Catat pengamatan kamu.

Hari Jumat :
1.       Amatilah pada hari itu minimal 2 jenis hewan melata yang ada di sekitarmu. Buat catatan, misalnya mengenai identifikasi, perilaku, dsb.
2.       Amatilah pada hari itu hal-hal menarik yang kamu lihat orang lain lakukan. Coba kamu pikirkan apakah hal-hal yang dilakukan oleh orang yang kamu amati itu juga dilakukan oleh Adam dan Hawa di taman Eden?

Hari Sabtu :
1.       Karena dalam pekan penciptaan Tuhan berhenti pada hari ketujuh dan memberi waktu untuk manusia dapat bersekutu dengan Allah oleh karena dia sangat mengasihi manusia, cobalah amati bagaimana keajaiban alam yang kamu lihat yang menggambarkan pemeliharaan dan penjagaan Tuhan untuk makhluk ciptaanNya. Misalnya, amati bagaimana burung membangun sarang, pelangi, keteduhan pohon, dsb.


Semoga bermanfaat,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar