Kursus
Pelatihan Dasar Staf Pathfinder dirancang untuk mengembangkan kesadaran para
pemimpin tentang dasar-dasar Klub Pathfinder dan untuk menolong para pengajar
menjadi terbiasa dengan prosedur, aturan-aturan dan sumber daya yang diperlukan
untuk memulai dan mempertahankan Klub Pathfinder.
Materi
di dalam kursus ini adalah merupakan elemen dasar yang dibutuhkan bagi anggota
staf Pathfinder atau pemimpin guna melaksanakan tugas-tugasnya.
Peserta
kursus menghadiri minimal 10 jam kursus pelatihan dasar ini yang dilakukan dibawah
petunjuk Departemen Pemuda Daerah / Konfrens. Kursus ini biasanya dilakukan
selama satu pekan, tetapi bisa saja ada kebijakan lain, dimana kursus ini akan
dipecah menjadi segmen-segmen yang lebih kecil bila perlu, sesuai dengan
kebutuhan atau peserta. Dalam pelaksanaannya kursus pelatihan dasar ini akan
mencakup seminar dan diskusi.
Di bawah
ini adalah ruang lingkup seminar yang menjadi persyaratan memperoleh sertifikat
kursus ini. Kami menyediakan file pdf yang dapat di download DI SINI
PATHFINDER
BASIC STAFF TRAINING COURSE
KURSUS
PELATIHAN DASAR STAF PATHFINDER
Persyaratan
Menghadiri
Sepuluh Jam Seminar Pelatihan Dasar-Dasar Klub Pathfinder.
Ruang
lingkup seminar antara lain :
1.
Sejarah,
Falsafah, dan Tujuan dari Klub Pathfinder :
30 menit
2.
Mengerti
Pathfinder (Anak usia Pathfinder, 10-15 tahun) :
60 menit
3.
Kepemimpinan
Klub :
60 menit
4.
Organisasi
Klub :
75 menit
5.
Program
dan Perencanaan Klub :
75 menit
6.
Mengajar
Kurikulum Pathfinder :
120 menit
7.
Berkemah
dan Pendidikan Alam :
120 menit
8.
Baris-Berbaris
dan Upacara-Upacara :
60 menit
Sesi I
Sejarah, Falsafah dan Tujuan dari
Klub Pathfinder
Tujuan
Mengembangkan
kesadaran akan tujuan dan keunikan dari pelayanan Pathfinder dan mengetahui
sejarah Pathfinder.
Penjelasan
1.
Falsafah
dan Tujuan Pathfinder :
(20 menit)
Program
kerohanian dan rekreasi bagi mereka yang berumur 10-15 tahun yang berpusat pada
gereja.
Tujuan
dan cita-cita GMAHK harus dibuat relevan dan menarik bagi orang muda.
2.
Sejarah
singkat Pathfinder :
(10 menit)
Perkembangan
pelayanan anak-anak dan remaja di GMAHK. Sejarah Pathfinder di divisi anda.
Sesi II
Mengerti Pathfinder (Anak usia
Pathfinder, 10-15 tahun)
Tujuan
Mengembangkan
pemahaman tentang kebutuhan dan perkembangkan anak di usia Pathfinder dan
bagaimana berinteraksi dengan mereka secara efektif.
Penjelasan
Peserta
diharapkan untuk mengerti dan mendiskusikan topik-topik berikut ini :
1.
Perkembangan
Karakter dari anak usia Pathfinder :
(30 menit)
a. Perhatian khusus haruslah diberikan untuk
setiap kebutuhan yang muncul pada periode pertumbuhan setiap individu :
1)
Pra-Remaja :
9 – 12 tahun
2)
Remaja
awal :
13 – 15 tahun
3)
Remaja :
16 – 17 tahun
b. Cara-cara berhubungan yang tepat
dengan kebutuhan mereka serta masalah-masalah yang biasanya muncul dalam
pelayanan Pathfinder.
2.
Prinsip-prinsip
dasar tentang Disiplin Klub yang efektif :
(30 menit)
a. Prinsip-prinsip
b. Disiplin yang seimbang
c. Administrasi disiplin yang tepat dan
yang tidak tepat
d. Prosedur disiplin
Sesi III
Kepemimpinan Klub
Tujuan
Menciptakan
kesadaran tentang konsep-konsep dan strategi yang akan mendorong kepada kepemimpinan
Pathfinder yang sukses dan menolong peserta kursus untuk mengembangkan
keterampilan kepemimpinan yang baru.
Penjelasan
Peserta
kursus akan membahas berbagai aspek dari kepemimpinan Kristen, terutama yang
berhubungan dengan pelayanan Pathfinder. Selain itu, perhatian khusus akan diberikan
untuk bidang sebagai berikut :
1.
Sikap
dan kualitas para pemimpin Kristen yang terlibat dalam pelayanan Pathfinder.
(20 menit).
a. Menghidupkan kehidupan yang berpusat
pada Kristus
b. Mencintai anak-anak
c. Bersikap optimis dan antusias
d. Mampu mengendalikan emosi anak
Pathfinder
e. Menikmati aktifitas alam
f. Mengerti karakteristik dari anak-anak
usia Pathfinder
g. Menguasai beragam keterampilan
h. Tahu bagaimana mengorganisir
i.
Mampu
menjaga hubungan yang menyenangkan dengan sesama teman pelayan.
j. Memiliki jiwa kepemimpinan
k. Memiliki selera humor
l.
Memiliki
banyak ide dan kreatif
m. Mampu bekerjasama
n. Mampu mendelegasikan tanggungjawab
dan wewenang.
2.
Lima
model atau gaya kepemimpinan dan kapan model-model itu cocok digunakan di
pelayanan Pathfinder (20 menit)
a. Model kepemimpinan
1)
Bersifat
Otoratif
2)
Bersifat
Politis
3)
Bersifat
evaluative
4)
Bersifat
partisipatif
5)
Laissez-faire
b. Kepemimpinan yang berpusat pada diri
dan kepemimpinan yang berpusat pada kelompok
3.
Berbagai
aturan dan fungsi dari kepemimpinan dan aplikasinya dalam situasi-situasi yang
terjadi di pelayanan Pathfinder (20 menit)
a. Fungsi dari pemimpin
1)
Fungsi
membangun
2)
Fungsi
memberi tugas
Sesi IV
Organisasi Klub
Tujuan
Untuk
memperkenalkan aturan dan prosedur dasar yang berhubungan dengan menjalankan
dan memelihara Klub Pathfinder.
Penjelasan
Peserta
kursus akan belajar tentang dua bidang utama :
1.
Komite
dan Staf (35 menit)
a. Bagaimana mengorganisir Klub
Pathfinder : (20
menit)
b. Komite Pathfinder :
(15 menit)
1)
Komite
Kordinasi (dimana ada klub yunior dan remaja)
2)
Komite
Eksekutif Pathfinder
3)
Komite
Staf Pathfinder
2.
Menjalankan
aturan (40 menit)
a. Seragam : (8
menit)
b. Keuangan : (8
menit)
c. Laporan-laporan :
(8 menit)
d. Keanggotaan : (8
menit)
e. Asuransi :
(8 menit)
Sesi V
Program dan Perencanaan Klub
Tujuan
Menolong
peserta kursus terbiasa dengan aktifitas dan hal-hal lain terkait
program-program Pathfinder. Menyediakan bahan bagi para pemimpin yang akan
menolong mereka sanggup merencanakan dan mengkordinasikan pelayanan yang sukses
di klub Pathfinder.
Penjelasan
1.
Program
tahunan :
(15 menit)
a. Berdasarkan kalender 10 bulan
b. Pertemuan rutin, kegiatan dua
bulanan, perkemahan, kegiatan daerah/konfrens
c. Kelas-kelas Pathfinder --- garis
besar isi dari masing-masing kelas kemajuan.
2.
Pertemuan
Mingguan Klub :
(15 menit)
a. Program model A atau Model B (Lihat
di Panduan Administrasi Pathfinder)
b. Contoh susunan atau jadwal kegiatan
di setiap pertemuan
c. Langkah-langkah dalam merencanakan
pertemuan mingguan
3.
Kartu
tuntutan dan Passport :
(15 menit)
a. Tujuan dari Kartu Tuntutan dan
Passport
b. Bagaimana memperoleh Kartu Tuntutan
dan Passport
c. Bagaimana menggunakan Kartu Tuntutan
dan Passport
4.
Kegiatan-kegiatan
Daerah / Konfrens :
(20 menit)
a. Kegiatan Pathfinder Fair
1)
Format
kegiatan
2)
Persiapan
b. Perkemahan Pathfinder
1)
Maksud
--- frekwensi
2)
Partisipasi
--- siapa yang boleh hadir
3)
Persyaratan
organisasi klub
5.
Kegiatan
Pelantikan :
(5 menit)
a. Memilih tempat pelaksanaan
b. Menentukan tanggal
c. Memesan perlengkapan
d. Memesan program
e. Merencanakan program
f. Pelantikan --- prosedur
6.
Kegiatan
Pathfinder Rally :
(5 menit)
a. Tujuan
b. Tanggal di kalender Pathfinder
c. Organisasi
d. Prosedur
Sesi VI
Mengajar Kurikulum Pathfinder
Tujuan
Untuk
menemukan pentingnya dan keuntungannya dari pendekatan kreatif untuk mengajar
dan belajar cara-cara mengembangkan kreatifitas dalam mengajar.
Untuk
menyediakan informasi tentang cara mengajar kurikulum Pathfinder dalam cara
yang kreatif.
Penjelasan
Peserta
kursus akan belajar dua bagian utama dalam segmen ini :
1.
Mengerti
kreatifitas :
(45 menit)
a. Maksud dan keuntungan dalam
menggunakan aktifitas kreatif
b. Langkah-langkah dalam proses kreatif
c. Beberapa “alat” kreatifitas
2.
Mengajar
kurikulum Pathfinder secara kreatif :
(75 menit)
a. Harus pelajari kurikulum kelas
b. Periksa jumlah dan kebutuhan kelas
anda
c. Lakukan apa yang anda rencanakan
d. Menyediakan sumber-sumber
e. Rencanakan kerja anda dan kerjakan
rencana anda.
Sesi VII
Perkemahan dan Pendidikan Alam
Tujuan
Mengembangkan
kesadaran tentang dasar-dasar berkemah dan keterampilan alam.
Penjelasan
Peserta
kursus diberi pelajaran tentang :
1.
Falsafat
berkemah :
(20 menit)
a. Rekreasi di alam terbuka
b. Keuntungannya bagi setiap orang
c. Keuntungan dari aktifitas perkemahan
d. Keuntungan rohani dari perkemahan
2.
Perencanaan
dasar perkemahan :
(30 menit)
a. Perencanaan klub
b. Perencanaan regu dan perencanaan pribadi
c. Membuat perkemahan yang baik
d. Masalah lingkungan
3.
Tipe
atau jenis perkemahan :
(20 menit)
a. Lokasi permanen
b. Perkemahan berpindah-pindah
4.
Komponen
dasar dari perkemahan yang baik :
(30 menit)
a. Memilih tempat berkemah
b. Ketersediaan air
c. Kayu bakar
d. Sanitasi
e. Tempat berlindung
f. Menyalakan api
g. Memasak di alam
5.
Pelajaran
Alam :
(20 menit)
Sesi VIII
Baris-Berbaris dan Upacara-Upacara
Tujuan
1.
Untuk
mengembangkan pemahaman teori dan praktek dari keuntungan-keuntungan yang
Pathfinder baik secara perorangan maupun secara klub dapat peroleh melalui
program baris-berbaris dan upacara.
2.
Menjadi
terbiasa dengan prosedur upacara yang dihubungkan dengan Klub Pathfinder.
Dalam
sesi ini peserta kursus akan :
1.
Diskusikan
falsafah baris-berbaris dan upacara bagi Pathfinder (10 menit)
2.
Menjadi
terbiasa dengan apel pembukaan dan penutupan kelas Pathfinder (25 menit)
3.
Menjadi
terbiasa dengan aba-aba dalam baris-berbaris (25 menit)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar