Laman

Selasa, 04 Agustus 2015

KURSUS PELATIHAN DASAR STAF PATHFINDER (PATHFINDER BASIC STAFF TRAINING COURSE)



Kursus Pelatihan Dasar Staf Pathfinder dirancang untuk mengembangkan kesadaran para pemimpin tentang dasar-dasar Klub Pathfinder dan untuk menolong para pengajar menjadi terbiasa dengan prosedur, aturan-aturan dan sumber daya yang diperlukan untuk memulai dan mempertahankan Klub Pathfinder.
Materi di dalam kursus ini adalah merupakan elemen dasar yang dibutuhkan bagi anggota staf Pathfinder atau pemimpin guna melaksanakan tugas-tugasnya.
Peserta kursus menghadiri minimal 10 jam kursus pelatihan dasar ini yang dilakukan dibawah petunjuk Departemen Pemuda Daerah / Konfrens. Kursus ini biasanya dilakukan selama satu pekan, tetapi bisa saja ada kebijakan lain, dimana kursus ini akan dipecah menjadi segmen-segmen yang lebih kecil bila perlu, sesuai dengan kebutuhan atau peserta. Dalam pelaksanaannya kursus pelatihan dasar ini akan mencakup seminar dan diskusi.

Di bawah ini adalah ruang lingkup seminar yang menjadi persyaratan memperoleh sertifikat kursus ini. Kami menyediakan file pdf yang dapat di download DI SINI



PATHFINDER BASIC STAFF TRAINING COURSE
KURSUS PELATIHAN DASAR STAF PATHFINDER


Persyaratan

Menghadiri Sepuluh Jam Seminar Pelatihan Dasar-Dasar Klub Pathfinder.

Ruang lingkup seminar antara lain :
1.    Sejarah, Falsafah, dan Tujuan dari Klub Pathfinder               : 30 menit
2.    Mengerti Pathfinder (Anak usia Pathfinder, 10-15 tahun)        : 60 menit
3.    Kepemimpinan Klub                                                       : 60 menit
4.    Organisasi Klub                                                             : 75 menit
5.    Program dan Perencanaan Klub                                        : 75 menit
6.    Mengajar Kurikulum Pathfinder                                         : 120 menit
7.    Berkemah dan Pendidikan Alam                                        : 120 menit
8.    Baris-Berbaris dan Upacara-Upacara                                  : 60 menit


Sesi I
Sejarah, Falsafah dan Tujuan dari Klub Pathfinder

Tujuan
Mengembangkan kesadaran akan tujuan dan keunikan dari pelayanan Pathfinder dan mengetahui sejarah Pathfinder.

Penjelasan
1.    Falsafah dan Tujuan Pathfinder                                         : (20 menit)
Program kerohanian dan rekreasi bagi mereka yang berumur 10-15 tahun yang berpusat pada gereja.
Tujuan dan cita-cita GMAHK harus dibuat relevan dan menarik bagi orang muda.
2.    Sejarah singkat Pathfinder                                               : (10 menit)
Perkembangan pelayanan anak-anak dan remaja di GMAHK. Sejarah Pathfinder di divisi anda.


Sesi II
Mengerti Pathfinder (Anak usia Pathfinder, 10-15 tahun)

Tujuan
Mengembangkan pemahaman tentang kebutuhan dan perkembangkan anak di usia Pathfinder dan bagaimana berinteraksi dengan mereka secara efektif.

Penjelasan
Peserta diharapkan untuk mengerti dan mendiskusikan topik-topik berikut ini :
1.    Perkembangan Karakter dari anak usia Pathfinder                : (30 menit)
a.    Perhatian khusus haruslah diberikan untuk setiap kebutuhan yang muncul pada periode pertumbuhan setiap individu :
1)    Pra-Remaja                                                         : 9 – 12 tahun
2)    Remaja awal                                                       : 13 – 15 tahun
3)    Remaja                                                              : 16 – 17 tahun
b.    Cara-cara berhubungan yang tepat dengan kebutuhan mereka serta masalah-masalah yang biasanya muncul dalam pelayanan Pathfinder.
2.    Prinsip-prinsip dasar tentang Disiplin Klub yang efektif          : (30 menit)
a.    Prinsip-prinsip
b.    Disiplin yang seimbang
c.    Administrasi disiplin yang tepat dan yang tidak tepat
d.    Prosedur disiplin


Sesi III
Kepemimpinan Klub

Tujuan
Menciptakan kesadaran tentang konsep-konsep dan strategi yang akan mendorong kepada kepemimpinan Pathfinder yang sukses dan menolong peserta kursus untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang baru.

Penjelasan
Peserta kursus akan membahas berbagai aspek dari kepemimpinan Kristen, terutama yang berhubungan dengan pelayanan Pathfinder. Selain itu, perhatian khusus akan diberikan untuk bidang sebagai berikut :
1.    Sikap dan kualitas para pemimpin Kristen yang terlibat dalam pelayanan Pathfinder. (20 menit).
a.    Menghidupkan kehidupan yang berpusat pada Kristus
b.    Mencintai anak-anak
c.    Bersikap optimis dan antusias
d.    Mampu mengendalikan emosi anak Pathfinder
e.    Menikmati aktifitas alam
f.     Mengerti karakteristik dari anak-anak usia Pathfinder
g.    Menguasai beragam keterampilan
h.    Tahu bagaimana mengorganisir
i.      Mampu menjaga hubungan yang menyenangkan dengan sesama teman pelayan.
j.     Memiliki jiwa kepemimpinan
k.    Memiliki selera humor
l.      Memiliki banyak ide dan kreatif
m.  Mampu bekerjasama
n.    Mampu mendelegasikan tanggungjawab dan wewenang.
2.    Lima model atau gaya kepemimpinan dan kapan model-model itu cocok digunakan di pelayanan Pathfinder (20 menit)
a.    Model kepemimpinan
1)    Bersifat Otoratif
2)    Bersifat Politis
3)    Bersifat evaluative
4)    Bersifat partisipatif
5)    Laissez-faire
b.    Kepemimpinan yang berpusat pada diri dan kepemimpinan yang berpusat pada kelompok
3.    Berbagai aturan dan fungsi dari kepemimpinan dan aplikasinya dalam situasi-situasi yang terjadi di pelayanan Pathfinder (20 menit)
a.    Fungsi dari pemimpin
1)    Fungsi membangun
2)    Fungsi memberi tugas

Sesi IV
Organisasi Klub

Tujuan
Untuk memperkenalkan aturan dan prosedur dasar yang berhubungan dengan menjalankan dan memelihara Klub Pathfinder.

Penjelasan
Peserta kursus akan belajar tentang dua bidang utama :
1.    Komite dan Staf (35 menit)
a.    Bagaimana mengorganisir Klub Pathfinder                      : (20 menit)
b.    Komite Pathfinder                                                     : (15 menit)
1)    Komite Kordinasi (dimana ada klub yunior dan remaja)
2)    Komite Eksekutif Pathfinder
3)    Komite Staf Pathfinder
2.    Menjalankan aturan (40 menit)
a.    Seragam                                                                 : (8 menit)
b.    Keuangan                                                                : (8 menit)
c.    Laporan-laporan                                                       : (8 menit)
d.    Keanggotaan                                                           : (8 menit)
e.    Asuransi                                                                  : (8 menit)


Sesi V
Program dan Perencanaan Klub

Tujuan
Menolong peserta kursus terbiasa dengan aktifitas dan hal-hal lain terkait program-program Pathfinder. Menyediakan bahan bagi para pemimpin yang akan menolong mereka sanggup merencanakan dan mengkordinasikan pelayanan yang sukses di klub Pathfinder.

Penjelasan
1.    Program tahunan                                                           : (15 menit)
a.    Berdasarkan kalender 10 bulan
b.    Pertemuan rutin, kegiatan dua bulanan, perkemahan, kegiatan daerah/konfrens
c.    Kelas-kelas Pathfinder --- garis besar isi dari masing-masing kelas kemajuan.
2.    Pertemuan Mingguan Klub                                               : (15 menit)
a.    Program model A atau Model B (Lihat di Panduan Administrasi Pathfinder)
b.    Contoh susunan atau jadwal kegiatan di setiap pertemuan
c.    Langkah-langkah dalam merencanakan pertemuan mingguan
3.    Kartu tuntutan dan Passport                                            : (15 menit)
a.    Tujuan dari Kartu Tuntutan dan Passport
b.    Bagaimana memperoleh Kartu Tuntutan dan Passport
c.    Bagaimana menggunakan Kartu Tuntutan dan Passport
4.    Kegiatan-kegiatan Daerah / Konfrens                                 : (20 menit)
a.    Kegiatan Pathfinder Fair
1)    Format kegiatan
2)    Persiapan
b.    Perkemahan Pathfinder
1)    Maksud --- frekwensi
2)    Partisipasi --- siapa yang boleh hadir
3)    Persyaratan organisasi klub
5.    Kegiatan Pelantikan                                                        : (5 menit)
a.    Memilih tempat pelaksanaan
b.    Menentukan tanggal
c.    Memesan perlengkapan
d.    Memesan program
e.    Merencanakan program
f.     Pelantikan --- prosedur
6.    Kegiatan Pathfinder Rally                                                 : (5 menit)
a.    Tujuan
b.    Tanggal di kalender Pathfinder
c.    Organisasi
d.    Prosedur


Sesi VI
Mengajar Kurikulum Pathfinder

Tujuan
Untuk menemukan pentingnya dan keuntungannya dari pendekatan kreatif untuk mengajar dan belajar cara-cara mengembangkan kreatifitas dalam mengajar.
Untuk menyediakan informasi tentang cara mengajar kurikulum Pathfinder dalam cara yang kreatif.

Penjelasan
Peserta kursus akan belajar dua bagian utama dalam segmen ini :
1.    Mengerti kreatifitas                                                        : (45 menit)
a.    Maksud dan keuntungan dalam menggunakan aktifitas kreatif
b.    Langkah-langkah dalam proses kreatif
c.    Beberapa “alat” kreatifitas
2.    Mengajar kurikulum Pathfinder secara kreatif                      : (75 menit)
a.    Harus pelajari kurikulum kelas
b.    Periksa jumlah dan kebutuhan kelas anda
c.    Lakukan apa yang anda rencanakan
d.    Menyediakan sumber-sumber
e.    Rencanakan kerja anda dan kerjakan rencana anda.


Sesi VII
Perkemahan dan Pendidikan Alam

Tujuan
Mengembangkan kesadaran tentang dasar-dasar berkemah dan keterampilan alam.

Penjelasan
Peserta kursus diberi pelajaran tentang :
1.    Falsafat berkemah                                                                  : (20 menit)
a.    Rekreasi di alam terbuka
b.    Keuntungannya bagi setiap orang
c.    Keuntungan dari aktifitas perkemahan
d.    Keuntungan rohani dari perkemahan
2.    Perencanaan dasar perkemahan                                       : (30 menit)
a.    Perencanaan klub
b.    Perencanaan regu dan perencanaan pribadi
c.    Membuat perkemahan yang baik
d.    Masalah lingkungan
3.    Tipe atau jenis perkemahan                                            : (20 menit)
a.    Lokasi permanen
b.    Perkemahan berpindah-pindah
4.    Komponen dasar dari perkemahan yang baik                     : (30 menit)
a.    Memilih tempat berkemah
b.    Ketersediaan air
c.    Kayu bakar
d.    Sanitasi
e.    Tempat berlindung
f.     Menyalakan api
g.    Memasak di alam
5.    Pelajaran Alam                                                              : (20 menit)


Sesi VIII
Baris-Berbaris dan Upacara-Upacara

Tujuan
1.    Untuk mengembangkan pemahaman teori dan praktek dari keuntungan-keuntungan yang Pathfinder baik secara perorangan maupun secara klub dapat peroleh melalui program baris-berbaris dan upacara.
2.    Menjadi terbiasa dengan prosedur upacara yang dihubungkan dengan Klub Pathfinder.

  Penjelasan
Dalam sesi  ini peserta kursus akan :
1.    Diskusikan falsafah baris-berbaris dan upacara bagi Pathfinder (10 menit)
2.    Menjadi terbiasa dengan apel pembukaan dan penutupan kelas Pathfinder (25 menit)
3.    Menjadi terbiasa dengan aba-aba dalam baris-berbaris (25 menit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar