Laman

Kamis, 16 Juli 2015

Bendera Pathfinder dan Bendera Regu






Setiap Negara, suatu pergerakan, kelompok, dsb memiliki bendera untuk mewakili kelompok tersebut. Setiap simbol yang ada di bendera tersebut adalah karakteristik yang mengidentifikasi kelompok tersebut. Pathfinder club juga memiliki bendera sebagai pengenal.

Komposisi dari bendera Pathfinder
Bendera Pathfinder dibuat dari satu atau lebih bahan, misalnya katun, rayon atau nilon. Bendera Pathfinder di bagi ditengah-tengah baik vertical maupun horizontal sehingga membentuk empat bagian yang sama. Warna dasar adalah biru (royal blue) dan putih yang dijahit bergantian dengan komposisi warna biru di sisi kiri atas dan sisi kanan bawah, serta warna putih di sisi kanan atas dan sisi kiri bawah. Lambang Pathfinder diletakkan di tengah-tengah bendera. Warna-warna dari bendera itu sendiri melambangkan tujuan dan cita-cita dari Pathfinder.


1.      Warna Putih (Kemurnian / kesucian)
“Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah.” Matius 5:8.
2.      Biru (Kesetiaan)
“Daniel berketetapan untuk tidak menajiskan dirinya…” Daniel 1:8
3.      Merah (Darah Kristus)
“…dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa”. 1 Yohanes 1:7
4.      Emas (Iman dan Kasih)
“maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api” Wahyu 3:18

Di dalam lambang Pathfinder ada simbol yang melambangkan benteng bagi setiap Pathfinder yang hidup di zaman yang tidak pasti ini.

1.      Perisai Iman
“Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup oleh iman,” Ibrani 10:38
2.      Pedang Roh
“Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun…” Ibrani 4:12

Bentuk segitiga adalah tujuan organisasi Pathfinder yaitu : untuk membantu pengembangan rohani, mental dan fisik dari anggota Pathfinder di seluruh dunia.
Bentuk segitiga terbalik melambangkan sikap yang dicontohkan oleh Kristus mengenai kepemimpinan hamba.
Bendera Pathfinder berukuran 1,5 x 1 meter dan diameter dalam 38 cm. Nama gereja atau klub di tulis di bagian bawah kanan (bagian warna biru). Tulisan nama klub berwarna putih. Bendera digantung di tiang dengan tinggi 2 meter dengan diameter 3,5 cm.

Bendera ini digunakan dalam acara-acara tertentu seperti pelantikan, Pathfinder Fair, Camporee, Pathfinder Day, Parade-Parade.

Komposisi bendera regu

Tiap-tiap Pathfinder Club harus mengorganisir kelompok-kelompok atau regu yang terdiri dari 6-8 anggota dan memilih pemimpin regu (Captain) dan sekretaris / juru tulis (Scribe). Setiap regu di pathfinder club memiliki bendera regu. Lebar bendera adalah 34 cm dan panjangnya 55 cm. Lebar ukuran runcing 28 cm. Ujung bendera dibentuk seperti ekor ikan dengan jarak masuk 20 cm. Pada sisi kiri bendera ada panel biru dengan lebar 10 cm. Lambang pathfinder diletakkan tepat di tengah garis pemisah biru dan putih, dengan jarak 7,5 cm dari atas. Lambang dan nama regu diletakkan di tengah panel putih. Ukuran lambang dan nama regu tidak boleh lebih dari 14 cm. Nama klub dapat di tulis di panel biru.
Bendera regu digantung di tiang dengan tinggi 1,7 meter dengan diameter 2,5 cm.




Untuk mempermudah anggota kelas Penyelidik, kita dapat mengkreasikan lembar aktivitas. Bentuk sederhananya bisa di download DI SINI. Silahkan dikreasikan yang lebih baik.

Semoga bermanfaat.


1 komentar:

Unknown mengatakan...

mAu nanya ... kalo bendera pathfinder yang outdoor, yang untuk dikibarkan itu bahannya apa ya?
apakah warna dan ukurannya sama seperti yang diatas?

Makasih

Posting Komentar