Laman

Kamis, 26 April 2012

Tanda Kepahaman Backpacking










Tanda Kepahaman : Backpacking (Rekreasi)
Skill level 2, diperkenalkan tahun 1986

Artikel ini tidak hanya berisi persyaratan untuk mendapat tanda kepahaman Backpacking tetapi juga berisi keterangan untuk memenuhi persyaratan itu. silahkan download DI SINI 

semoga bermanfaat!

10 KUALITAS UNTUK MENJADI TEMAN YANG BAIK – UNTUK KELAS SAHABAT

Di kartu tuntutan kelas sahabat pada bagian Kembangkan Persahabatan nomor 1 ada tuntutan untuk daftarkan 10 kualitas untuk menjadi teman yang baik, dan diskusikan situasi sehari-hari dimana Anda dapat mempraktekkan “hukum emas” Matius 7:12.

Kita bisa memulaikannya dengan menceritakan kisah persahabatan di dalam Alkitab seperti Yonatan dan Daud, Yesus, Maria, Marta dan Lazarus, dll. Agar lebih menarik bisa dilakukan dengan visual atau pemutaran film. Kemudian, minta Pathfinder untuk menuliskan daftar kualitas dari seorang teman yang baik. Pilih beberapa yang muncul paling banyak dari daftar itu dan coba diskusikan bersama. Setelah itu, mintalah pathfinder untuk mencari cerita dalam Alkitab mereka atau ayat lain yang berbicara tentang persahabatan. Silahkan menggunakan konkordans atau menu cari di alkitab mobile. Bantu mereka untuk menemukan ayat-ayat itu, tetapi hanya memberikan arahan dan biarkan mereka mencari. Minta mereka untuk menulis 2 atau 3 ayat yang ditemukan dan kemudian coba diskusikan konteks masing-masing dan apa pelajaran yang bisa mereka ambil.

Rabu, 25 April 2012

RENCANAKAN SEBUAH PERKEMAHAN


Ada beberapa poin yang perlu di perhatikan dalam merencanakan perkemahan diantaranya adalah : keamanan perkemahan, lokasi perkemahan, akses ke lokasi, air, transportasi, makanan. Dalam kegiatan-kegiatan perkemahan seperti ini biasanya kita dilengkapi dengan susunan panitia atau semacam tim kerja yang bertugas mempersiapkan perkemahan. Untuk hasil yang lebih baik, disarankan bahwa perencanaan dibuat minimal 2 bulan sebelumnya sehingga ada waktu untuk memenuhi semua tugasnya masing-masing dengan memuaskan. Ingat bahwa perencanaan yang baik adalah kunci untuk sukses!


BERKEMAH, KAPAN?



Memilih tanggal kapan berkemah merupakan hal yang penting. Tentu saja perlu mencari waktu liburan, tapi ini seharusnya tidak menjadi satu-satunya criteria. Mari kita lihat beberapa poin penting.

Durasi Perkemahan : Apa tujuan perkemahan? Pendidikan, rekreasi, pelatihan, dll? Untuk masing-masing jenis perkemahan durasinya berbeda. Untuk perkemahan pelatihan minimal harus 4 hari. Jika tujuan utama perkemahan hanya untuk rekreasi, 3 hari sudah cukup (tetapi sekalipun rekreasi harus hati-hati untuk mematuhi semua persyaratan perkemahan).

Selasa, 24 April 2012

PENYAKIT-PENYAKIT DI PERKEMAHAN

  

Salah satu masalah yang paling memprihatinkan ketika orang tua meninggalkan anak-anaknya dalam penjagaan Pembina Pathfinder saat perkemahan adalah : SAKIT. Sakit di perkemahan bisa apa saja mulai dari sakit kepala biasa sampai infeksi usus yang parah.

Mari kita lihat yang paling umum, bagaimana mencegahnya dan apa yang bisa kita lakukan untuk meringankan gejala sampai kita bisa mencapai fasilitas rumah sakit terdekat.

Minggu, 22 April 2012

TATA CARA MELIPAT DAN MEMBENTANG BENDERA

TATA CARA MELIPAT DAN MEMBENTANG BENDERA

Teknik melipat bendera dan membentang bendera dibagi menjadi 2, yaitu :
1. Teknik lipat 3
2. Teknik lipat Genap

Dibawah ini akan dijelaskan tata cara melipat bendera dengan teknik lipat genap.
Teknik lipat genap sering digunakan karena kemungkinan kesalahannya sangat kecil. Maksudnya genap disini adalah jumlah lupatannya dapat 4, 6, 8, 10, asalkan genap dan disesuaikan dengan panjang bendera.

Software pembuat Teka-Teki Silang



Banyak di antara kita yang suka memainkan teka-teki silang. Saya pikir anak-anak Pathfinder juga suka memainkannya. Teka-teki silang dapat juga digunakan sebagai sarana belajar yang menyenangkan. Masalahnya adalah bahwa kadang-kadang kita sulit mendisain teki-teki silang, menghubungkan jawaban yang satu dengan yang lain, menyiapkan kolom-kolomnya, sehingga membentuk permainan yang menyenangkan.

Tetapi melalui artikel ini, masalah itu dapat terpecahkan dengan mudah. Karena kami memperkenalkan satu software yang luar biasa. Kamu hanya perlu memasukkan daftar pertanyaan dan jawabannya, dan software ini secara otomatis membuat teka-teki silang buat kamu. Untuk diketahui bukan hanya permainan teka-teki silang tetapi permainan mencari kata juga bisa dengan software ini.

Kamu silahkan mendownload filenya dengan klik DI SINI. File yang didownload adalah file RAR, sehingga kamu perlu mengekstraknya terlebih dahulu menggunakan winrar, dsb. Setelah diekstrak maka akan ada sebuah folder bernama Crossword Forge v5.6_Portable.

Cara penggunaannya sangat mudah. Hanya mengisi pertanyaan di kolom “clue” dan jawabannya di kolom “answer”. Jangan lupa tekan tombol “next” setelah mengisi satu pertanyaan dan jawaban. Setelah mengisi semua pertanyaan lalu tekan tombol “make puzzle”. Bentuk TTSnya bisa diganti dengan menekan kembali tombol “make puzzle”. Kalau kamu ingin membuat permainan mencari kata, kamu tinggal tekan di tab “puzzle” lalu klik di “word seach” lalu tekan “make puzzle”.

Sampai di sini dulu …. Selamat mencoba, semoga berguna untuk klub pathfinder. ;-)

Jumat, 20 April 2012

Organigram untuk Kelas Pemimpin


Kelas pemimpin sangat istimewa karena merupakan kelas persiapan untuk menjadi pemimpin di klub. Tuntutan dalam kartu kelas pemimpin telah dirancang khusus untuk tujuan ini. Salah salah satunya dalam bagian Organisasi dan Kepemimpinan pada tuntutan nomor 1 menyebutkan bahwa diskusikan dan siapkan bagan organisasi.

Maksud dari pelajaran ini adalah untuk mengembangkan suatu pemahaman tentang organisasi jemaat dan hubungan ‘pemimpin’ terhadapnya. Ini akan mengajar Pathfinder fungsi hirarkis dari Gereja kita, dengan penekanan pada Departemen Pemuda. Tetapi yang paling menarik ketika kita melihat hirarkis klub, kita akan akan mengingat prinsip padi, dimana seorang semakin tinggi jabatannya harus lebih menjadi seorang hamba.

Gambar di atas adalah salah satu model dari bagan alur organisasi yang bisa digunakan. Silahkan di kembangkan dengan model-model yang lain yang lebih menarik lagi.

Semoga ini dapat menolong.

Rabu, 18 April 2012

Bagaimana mengevaluasi kelas

Ujian 



 Bagi seorang pelajar, tidak ada yang lebih membuat dia menjadi stress daripada waktu ujian. Lain halnya dengan pengajar, ia mempunyai beban tersendiri juga dalam mentransfer ilmu kepada mereka yang dia ajar, dan hasil ujian bisa jadi ukuran kemampuan dia mengajar. Demikian pula dalam klub Pathfinder. Tetapi apakah kita sebagai pembina perlu membuat para pathfinder tertekan dengan ujian-ujian kita?

Berikut ada beberapa tips tentang cara untuk membuat penilaian akhir lebih menarik bagi pathfinder pada kelas reguler.

1.      Pertama, harus jelas dalam pikiran kita bahwa penilaian itu sangat diperlukan dalam klub! Karena jika tidak ada penilaian kita tidak tahu apakah mereka bertumbuh atau tidak. Ada beberapa pembina yang menganggap tidak penting memberi ujian atau penilaian. Jadi tidak ada usaha dari pembina dan tidak ada usaha juga dari pathfinder. 

Selasa, 17 April 2012

Kartu Tuntutan Kelas Perintis, Penjelajah & Pemimpin

Ini adalah kartu tuntutan untuk kelas Perintis, Penjelajah & Pemimpin. Dengan desain baru semoga dapat memberikan kesan tersendiri di klub. Yang kami posting hanyalah contoh. Jika sahabat MG ingin menggunakannya di klub, kami akan kirimkan file siap print setelah di edit menyesuaikan dengan nama klub anda. Silahkan kirim nama dan logo klub anda ke alamat email : inspirasipathfinder@gmail.com

Semoga ini dapat menggairahkan klub Pathfinder.


  


Kartu Tuntutan Kelas Penyelidik

Ini adalah kartu tuntutan untuk kelas Penyelidik. Dengan desain baru semoga dapat memberikan kesan tersendiri di klub. Yang kami posting hanyalah contoh. Jika sahabat MG ingin menggunakannya di klub, kami akan kirimkan file siap print setelah di edit menyesuaikan dengan nama klub anda. Silahkan kirim nama dan logo klub anda ke alamat email : inspirasipathfinder@gmail.com

Semoga ini dapat menggairahkan klub Pathfinder.


Kartu Tuntutan Kelas Teman

Ini adalah kartu tuntutan untuk kelas Teman. Dengan desain baru semoga dapat memberikan kesan tersendiri di klub. Yang kami posting hanyalah contoh. Jika sahabat MG ingin menggunakannya di klub, kami akan kirimkan file siap print setelah di edit menyesuaikan dengan nama klub anda. Silahkan kirim nama dan logo klub anda ke alamat email : inspirasipathfinder@gmail.com

Semoga ini dapat menggairahkan klub Pathfinder.


Kartu Tuntutan Kelas Sahabat

Ini adalah kartu tuntutan untuk kelas Sahabat. Dengan desain baru semoga dapat memberikan kesan tersendiri di klub. Yang kami posting hanyalah contoh. Jika sahabat MG ingin menggunakannya di klub, kami akan kirimkan file siap print setelah di edit menyesuaikan dengan nama klub anda. Silahkan kirim nama dan logo klub anda ke alamat email : inspirasipathfinder@gmail.com

Semoga ini dapat menggairahkan klub Pathfinder.